Mahasiswa Pecinta Alam UMNU Kebumen

Sunday, December 18, 2016

Mata Jala



UMNU Kebumen sebagai satu-satunya universitas di Kabupaten Kebumen selain mengadakan perkuliahan dengan 10 prodi juga memiliki keorganisasian mahasiswa yang sudah eksis melakukan banyak kegiatan. BEM yang meski terbilang baru namun ternyata memiliki beberapa lembaga departeman BEM yang sangat aktif dalam melakukan banyak event. Selain kegiatan UKM dari beberapa departemen BEM ternyata ada kegiatan UKM yang langsung di bawah BEM tanpa melalui departemen. Salah satunya adalah kegiatan mahasiswa pecinta alam yang bernama MATA JALA (Mahasiswa Tadabbur Jelajah Alam).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu minat dari mahasiswa yang dinaungi oleh BEM UMNU Kebumen. UKM tersebut diketuai oleh mahasiswa dari prodi Teknik Informatika angkatan 2015 beliau Mohammad Muslihuddin. Penamaan kegiatan tersebut dengan nama MATA JALA diharapkan para anggota dan peserta UKM menjadi seorang mahasiswa yang selain menjelajah alam juga dapat bertadabbur mengambil hikmah dan pelajaran dari alam yang dijelajahi terkait dengan kelestarian alam dan mensyukuri keagungan Alloh Ta'ala.

UKM yang memasuki tahun kedua perjalanannya semakin aktif dan semakin eksis dalam menjelajah dan mentadabburi alam. Pada tahun pertama, kegiatan mata jala sekedar melakukan penjelajahan pada beberapa alam tanpa melakukan kegiatan camping di tempat tersebut. Kegiatan lebih difokuskan pada penjelajahan alam wilayah Kabupaten Kebumen dengan tujuan mengenal dan memperkenalkan alam serta wisata Kabupaten Kebumen lebih luas. Menjelang akhir tahun pertama, Mata Jala melakukan kegiatan menginap di bukit Sawangan Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Memasuki tahun kedua ini, Mata Jala telah melakukan ekspedisi penjelajahan dan berkemah di bukit Pranji Kecamatan Pejagoan pada Oktober 2016 kemarin. Kegiatan selanjutnya pada bulan Nopember kemarin diadakan camping di bukit Pecaron desa Srati Kecamatan Ayah. Dalam setiap kegiatan yang diadakan, peserta diajak untuk menjelajah alam dan berpartisipasi dalam menjaga alam yang mereka jelajahi. Ketua UKM MATA JALA, Mohammad Muslihuddin senantiasa mengingatkan dan mengajak peserta untuk menjalankan pesan dari Kaprodi Teknik Informatika untuk selalu menjaga keselamatan dan kebersihan. Ketika selesai ekspedisi tidak boleh ada "kenang-kenangan" sampah di tempat yang dijelajahi. "Keep Save, Keep Clean!!" Demikian pesan Kaprodi TI, Bapak Raekha Azka M.Pd ketika memberikan dukungan dan semangat kepada para peserta jelajah tadabbur alam.

Bagaimanakah keseruan, kekompakan, kekhidmatan, beberapa kegiatan MATA JALA yang sudah dan akan diadakan?? Silakan tunggu update postingan selanjutnya. Sabar ya???

Salam Lestari....


Bagikan:

1 comment:

MATA JALA KEBUMEN

MataJalaKebumen. Powered by Blogger.

Contact Form